Pesta Keboen, Restoran Klasik Berkonsep Unik

Restoran Pesta Keboen, merupakan salah satu restoran berkonsep klasik di Semarang. Lokasinya berada di Jalan veteran nomor 29, atau sekitar 2 kilometer sebelah selatan Simpang Lma Semarang.

Eksterior bangunannya mempunyai desain yang klasik ala zaman kolonial Belanda. Namun saat memasuki pintu masuk, perpaduan konsep klasik dan tradisional begitu kental. Hal ini bisa dilihat dari berbagai ornamen tradisional jawa dipadukan dengan interior ruangan  bangunan Belanda.

Image

Salah satu sudut ruangan Restoran Pesta Keboen yang berkonsep klasik. terdapat juga berbagai foto-foto bersejarah semarang tempo dullu. Sumber : Dok. Pribadi

Tri Sunarto, asisten manajer Pesta Keboen Semarang mengungapkan, konsep unik ini sengaja diangkat karena di semarang restoran yang memiliki konsep klasik tradisional masih sedikit. Menurutnya, dengan konsep klasik ini telah menjadi identitas dari restoran yang telah beroperasi sejak 1Juni 2000 tersebut.

“Pada awalnya restoran Pesta keboen ini merupakan rumah pribadi milik orang belanda. Didirikan sekitar tahun 1908. Pada tahun 1992, Ir. Dedek HP, selaku Owner kami membeli rumah ini. namun restoran ini baru dibuka pada tahun 2000,” ujarnya.

Makanan yang ditawarkan juga tak kalah uniknya. Dari daftar menu yang tersedia, restoran ini menyediakan menu masakan barat, Tiongkok, dan Tradisional. Lumpia, Galantin, Salad solo, Makaroni Scotle adalah beberapa contoh menu andalan yang ditawarkan.

Menurut Tri, Chicken Cordor Blue menjadi menu favorit yang sering dipesan pelanggan. Chicken Cordor terdiri dari daging ayam yang diasap serta ditaburi keju dan saus keju. “kebanyakan pelanggan kami suka makanan ini” tuturnya.

Kisaran harga yang ditawarkan dalam menu yang disediakan mulai dari Rp. 35.000 hingga 95.000. Pesta Keboen juga menawarkan beberapa paket untuk beberapa orang yang ditawarkan pada kisaran Rp. 250.000 hingga 450.000

“Biasanya para pelanggan kami pesan paket untuk beberapa orang. Kebanyakan dari mereka datang kesini beramai-ramai” ujar Tri.

Tri juga menuturkan, restoran Pesta keboen sering dikunjungi oleh public figure, artis, dan pejabat. Setiap public figure yang berkunjung ke Pesta keboen menuliskan tanda tangan dan ditempelkan di salah satu ruang makan restoran.

“Andy F. Noya, Mira Lesmana, Jaya Suprana sampai mantan presiden almarhum Gus Dur pernah berkunjug kesini. Biasanya mereka kesini saat kunjungan ke Semarang,” tutupnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s